Besarnya UP

UP atau Uang Pertanggungan merupakan hal paling mendasar dari Asuransi Jiwa. UP adalah santunan yang diberikan perusahaan asuransi jika kita sebagai nasabah meninggal dunia dengan ketentuan seperti di dalam polis yang kita ambil.

Besarnya UP yang kita inginkan dalam asuransi tradisional menentukan besarnya premi yang harus kita setorkan ke perusahaan asuransi. Atau jika kita sudah mempunyai budget berapa besar dana yang kita persiapkan untuk sebuah Asuransi Jiwa, maka asuransi jenis UnitLink dapat menghitungkan untuk Anda berapa UP yang bisa Anda dapatkan dengan dana tersebut.

Berapa besarnya UP yang harus kita ajukan untuk sebuah asuransi jiwa ? Kembali kepada pentingnya UP, yaitu besarnya dana yang akan diberikan kepada ahli waris jika sang tertanggung meniggal dunia maka besarnya UP ditentukan oleh berapa lama dana tersebut akan terus bertahan seandainya tertanggung meninggal dunia.

Contoh: Seorang Ayah usia 35 tahun,1 istri tidak bekerja dan 2 orang anak,Ā pengeluaran kelurga tersebut per bulan Rp 10jt. Ia membeli sebuah polis asuransi jiwa dengan UP Rp100jt. Maka, seandainya sang Ayah, meniggal dunia maka ahli waris (biasanya sang istri) akan menerima uang sebesar Rp 100jt tunai dari asuransi. Karena istri tidak bekerja dan tidak ada penghasilan lain, maka dapat diasumsikan uang Rp100jt tersebut akan habis selama 10bulan karena pengeluaran keluarga tersebut Rp10jt per bulan. Jika Anda sebagai seorang ayah atau sebagai tulang punggung, menurut Anda apakah cukup UP Rp100jt tersebut ?

Dalam pendidikan di asuransi idealnya UP adalah sebesar 10x pengeluaran tahunan Anda. Jika Anda mempunyai pengeluaran Rp10jt/bulan, maka pengeluaran 1 tahun adalah Rp120jt,-. Idealnya UP asuransi jiwa yang anda miliki adalah Rp120jt x 10 = Rp1,2M. Maka, seandainya terjadi musibah terhadap Anda sebagai tulang punggung, maka keluarga yang akan ditinggalkan dapat menggunakan uang Rp1,2M tersebut selama 10 tahun jika tidak ada penghasilan lain. Atau uang Rp1,2M tersebut dapat diinvestasikan yang memberikan imbal hasil 10%/tahun atau Rp 10jt/bulan maka dengan Rp1,2M tersebut kelurga Anda dapat terus melanjutkan kehidupan dengan normal.

Asuransi Jiwa bukanlah menilai besarnya jiwa Anda, berapapun besarnya UP tidaklah dapat membeli suatu jiwa. Tetapi dengan UP yang cukup, jika suatu musibah menimpa kita sebagai tulang punggung maka kita sudah berbuat suatu kebaikan bagi keluarga yang kita tinggalkan.

Saya ucapkan selamat bagi Anda yang sudah mempunyai cukup UP !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s