Kebutuhan Dasar

83312670Yang sering disebut sebagai kebutuhan Primer saat ini ialah sandang, pangan, papan atau pakaian, tempat tinggal dan makanan. Asuransi tidak termasuk di dalamnya.

Sebenarnya asuransi memang bukan kebutuhan primer tetapi kebutuhan yang sangat mendasar. Seringkali calon nasabah belum mau mengambil asuransi atau merasa cukup dengan asuransi yang sudah ada dengan dalih keuangan. Sedang mencicil kendaraan, rumah, ikut arisan, dll, tanpa membayangkan apa yang akan terjadi bila ada risiko yang menyebabkan kelumpuhan total, penyakit kritis yang membuat kita tidak bisa bekerja lagi, atau yang paling tidak diharapkan, meninggal.

Kebutuhan primer bisa saya analogikan sebuah rumah dimana sandang, pangan, papan, merupakan dinding-dinding rumah, pintu-jendela, dan atap rumah. Sedangkan asuransi adalah sebagai pondasinya.

Kita bisa membangun rumah yang besar, dengan interior yang mewah, setinggi apapun. Namun jika pondasi rumah tersebut tidaklah kuat, bilamana ada banjir atau gempa bumi kecil bisa dipastikan rumah tersebut akan hancur. Semakin tinggi dan besar rumah, semakin dalam dan kuat pondasi yang dibutuhkan.

Demikian juga dengan asuransi, semakin besar penghasilan dan kebutuhan dalam keluarga, sudah seharusnya jumlah dan besar asuransi yang dimiliki juga semakin besar.

Adalah hal yang aneh, jika kita ingin membangun rumah tanpa mempunyai pondasi. Memiliki interior yang bagus tanpa ada dinding rumah. Juga kurang tepat jika dana yang ada dipakai untuk hal lain tanpa memiliki asuransi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s