Asuransi A la Carte atau Paket ?

Alacarte menuSaat kita pergi ke rumah makan atau restaurant ada pilihan : mau menu A la carte atau paket. A la Carte biasa identik dengan makan tengah, pesan beberapa macam sayur yang kita inginkan ditambah nasi.

Paket biasa identik dengan, nasi+lauk pauknya misalnya nasi ayam atau nasi ramesan.

Apa hubungannya dengan asuransi ?Seringkali kita ditawarkan oleh agent asuransi yang paket-an dan tragisnya kita gak tahu apa isi paketnya isi apa kita suka atau tidak suka. Menu utamanya ialah asuransi jiwa, menu tambahannya bisa kecelakaan,sakit,cacat,bebas premi.

Apa yang salah ?
Masalahnya kalau kita tidak suka menu tambahannya dan bila preminya jadi tinggi atau nilai investasi nya sangat kecil. Biasanya pula kita tidak suka menu tambahannya setelah beberapa waktu berlalu mungkin 2-3 tahun setelah mengambil asuransi dan setelah ada orang lain menjelaskan manfaat dari menu2 tersebut yang notabene mungkin tidak diperlukan.

Agen atau nasabah yang bertanggung jawab?
Sebelum polis jadi nasabah sudah menandatangani ilustrasi dan surat pengajuan,jadi agen juga tidak bisa disalahkan. Nasabah sendiri tidak mengerti dengan menu asuransi seperti waiver, payor, disablement, dll, disinilah seharusnya tugas seorang agent untuk menjelaskan secara detil isi menu yang ditawarkan, bahkan akan jauh lebih baik mengetahui bahwa calon nasabah benar-benar memerlukan menu tersebut.

Sebagaimana seorang pelayan restaurant/rumah makan yang baik menanyakan terlebih dahulu kepada tamunya, apa yg ia suka, apa ada yang vegetarian, apa ada yang diet, atau alergi makanan sesuatu ? Barulah ia menyodorkan menu yang sesuai. Bisa a la carte bisa juga paket, yang penting sesuai keinginan sang tamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s