Asuransi Perjalanan (travel) Perlukah ? – Bercermin kasus Malaysia Airlines MH370

Dari kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airline MH370 kita dapat bercermin dan bertanya, apakah kita perlu asuransi perjalanan (travel) ?

Sebelum menjawabnya kita perlu mengetahui apa itu asuransi perjalanan (Travel). Asuransi ini sebenarnya memberikan perlindungan kerugian yang disebabkan oleh antara lain hal2 berikut ini :

  1. Meninggal karena kecelakaan
  2. Masuk RS di kala melakukan perjalanan
  3. Cacat karena kecelakaan
  4. Hilang/terlambat nya bagasi di pesawat
  5. Pembajakan
  6. Hilangnya dokumen
  7. Keterlambatan hingga batalnya pesawat
  8. Evakuasi jenasah/medis

Dilihat dari kedelapan hal tersebut di atas yang paling sering ialah hilang/terlambatnya bagasi. Bisa dibayangkan bagaimana kalau seluruh pakaian Anda ada di bagasi dan hilang. Maka Anda harus membeli pakaian baru di tempat tujuan Anda.

Lalu berkaitan dengan MH370, seberapa besar risiko pesawat dibajak atau bahkan mengalami kecelakaan ? Hal tersebut sangat lah kecil , jarang terjadi.

Sehingga perlukah membeli asuransi perjalanan ?

Seandainya premi asuransi perjalanan ini sangat mahal tentunya menjadi tidak berharga, namun premi asuransi perjalanan ini sangatlah murah, sebagai contoh untuk asuransi perjalanan di Asia selama 7 hari premi tidak lebih dari Rp 100ribu rupiah, dengan pertanggungan sampai dengan Rp 250jt untuk risiko meninggal karena kecelakaan ataupun sakit.

Uang 100ribu tentunya sangat murah dibandingkan dengan harga tiket yang mencapai jutaan rupiah. Jadi kini saat nya Anda mempertimbangkan membeli asuransi saat melakukan perjalanan dengan pesawat

Leave a comment