Bagaimana Nasib Nasabah bila Perusahaan Asuransi Ditutup ?

Berita yang paling hangat ialah Presiden Direktur salah satu Perusahaan Asuransi Joint Venture dijadikan terdakwa oleh nasabah & pengacaranya karena unsur pidana, dalam hal ini penipuan tidak membayarkan klaim.

Di halaman facebook sang pengacara, beliau mengutip kata2 dari pejabat kepolisian bahwa Perusahaan Asuransi bila terbukti bersalah dapat dibekukan kegiatan operasinya dan pencabutan izin operasinya.

Tentunya ini sangat meresahkan para nasabah sehingga beberapa teman juga mengirimkan pertanyaan dan konfirmasi atas kejadian yang terjadi.

Lalu, seandainya hal itu benar terjadi bagaimana ? Pastinya jika perusahaan dibekukan maka tidak ada yang dapat dilakukan Perusahaan, baik hal penjualan ataupun pembayaran klaim. Dalam hal ini yang dirugikan ialah semua pihak, terutama perusahaan, karyawan dan tentunya para nasabah yang jumlahnya ribuan.  Hal ini akan menjadi sesuatu yang buruk di mata internasional terlebih lagi saat ini Indonesia membutuhkan investasi asing yang masuk ke dalam negeri.

Melihat lebih banyak mudaratnya dibandingkan manfaatnya, apakah mungkin akan tutup jika hanya klaim yang tidak dibayar senilai belasan juta rupiah ??? Rasanya koq ya tidak ya…

Saya melihat kasus penolakan klaim ini mungkin memang ada celahnya untuk dibuat perkara pidana yang memungkinkan pencabutan izin operasi. Celah yang kecil ini lalu dibuat heboh , semakin heboh semakin terkenal pihak2 yang mungkin akan mendapatkan keuntungan dari kehebohan ini.

Saya berharap kita menanggapi kasus ini dengan bijak, jika kita nasabah kita tanyakan kepada agen asuransi kita. Apabila kita sebagai agen asuransi , jangan berbesar hati lalu mendiskreditkan perusahaan yang sedang diterpa masalah ini karena mungkin saja suatu hari masalah itu akan datang kepada perusahaan Anda.

Percayalah, tidak ada perusahaan asuransi yang tidak mau membayar klaim jika semua sesuai klausul dan tidak ada fraud.

Baca juga :

Modus Fraud di Asuransi

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s